BogorOne.co.id | Kota Bogor – Untuk mengetahui kepuasan pelanggan, Perumda Tirta Pakuan menggandeng pihak akademisi Universitas Pakuan (Unpak) Bogor untuk melakukan survei pada medio 2022.
Dari hasil survei. Hasilnya, kepuasan secara agregat menunjukkan nilai sangat baik yaitu 86 bagi produk, dan jasa sebesar 85 persen atau dapat dikatakan sangat memuaskan.
Survei itu dilakukan Tim Universitas Pakuan sepanjang September dan Oktober 2022, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Stratified and Systematical Unproporsional Sampling.
Untuk metode pengolahan menggunakan lmportance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Survei dilakukan terhadap 2.300 pelanggan sebagai responden.
Dalam survei, dilakukan klasifikasi kelompok pelanggan Perumda Tirta Pakuan berdasarkan zona, wilayah administratif, dan golongan tarif. Untuk zona terbagi menjadi 6 yang meliputi zona 1 sampai dengan zona 6.
Rektor Unpak Kota Bogor, Prof. Didik Notosudjono mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk implementasi agreement antara Unpak dengan Perumda Tirta Pakuan, dalam hal ini bidang kajian dan penelitian.
“Kegiatan ini sangat penting bagaimana kontribusi perguruan tinggi terhadap Tirta Pakuan yang melayani masyarakat. Ini merupakan yang penting dan ini kepercayaan Tirta Pakuan kepada kami,” kata Didik.
Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan mengamini yang disampaikan Rektor Unpak soal kerjasama antara perusahaan dengan institusi akademik.
“Dari laporan-laporan survei kami banyak belajar dan banyak hal yang kami temukan. Dilihat dari hasilnya, kami tidak punya tantangan karena hasilnya bagus terkait penilayan layanan terhadap masyarakat,” ucapnya.
Dijelaskan Rino, bahwa Indikatornya pilihannya ada empat yaitu Baik, Baik Sekali, Tidak Baik dan Tidak Baik Sekali. “Hasilnya Alhamdulillah baik sekali, ini merupakan hasil dari treatmen manajemen. Ini juga akan menjadi dasar bagaimana untuk pengembangan perusahaan kedepannya dengan hasil survey yang bagus,” ungkapnya.
Kedepannya Perumda Tirta Pakuan tidak hanya bergantung pada tarif, akan tetapi ada potensi pendapatan lain yang dihasilkan dari bidang lainnya. Sejauh ini
pihaknya sudah membuat tim pengembang usaha dan bisnis untuk memberdayakan aset milik perumda.
“Ada master plan bisnis, kami juga sudah buat anak perusahaan dibidang jasa kontruksi bekerjasama dengan BUMN, pasarnya seluruh PDAM di Indonesia dan kerjasama dengan BUMD Jawa Barat untuk pembuatan es kristal,” paparnya.
Di tempat yang sama, Ketua Tim Survei Kepuasan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan Unpak, Herman memaparkan, kepuasan pelanggan menunjukkan performa Perumda Tirta Pakuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kenaikan kepuasan terhadap pelayanan perusahaan.
Untuk itu, Customer Satisfaction Survei (CSS) penting untuk dilakukan setiap tahun. CSS dilakukan terhadap dua jenis pelayanan, yaitu kinerja pelayanan produk dan jasa.
Teknik pengambilan sampel survei sendiri menggunakan cluster stratified and systematical unproporsional sampling. Metode pengolahan menggunakan lmportance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI).
“Dalam melakukan penilaian Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, mengidentifikasi karakteristik pelanggan Perumda Tirta Pakuan didasarkan pada informasi yang disampaikan oleh 2.300 pelanggan yang menjadi responden dalam kegiatan survei tahun 2022,” pungkasnya. (*)
Discussion about this post